social media

Bagaimana Layanan Pelanggan yang Buruk Dapat Mempengaruhi Bisnis

Saat ini, calon pelanggan memiliki pilihan yang lebih luas dari sebelumnya dalam melakukan pembelian. Lebih mudah untuk membandingkan layanan. Dengan ulasan online yang terlihat dan keterlibatan pelanggan di berbagai saluran, kinerja perusahaan Anda berada di bawah pengawasan. Klien dan prospek tidak memiliki masalah untuk beralih ke pesaing jika mereka menganggapnya cocok.

Lebih mahal untuk mendapatkan pelanggan baru daripada mempertahankan yang sudah ada, jadi retensi pelanggan sangat penting untuk kesuksesan bisnis. Dan layanan pelanggan memiliki dampak drastis pada retensi pelanggan. 89% pelanggan telah berhenti berbisnis dengan perusahaan setelah mengalami pengalaman buruk dan 58% tidak akan pernah berurusan dengan perusahaan itu lagi.

Kehilangan Bisnis dan Pelanggan yang Kembali

Tidak peduli seberapa hebat produk Anda cara membuat link di bio instagram, jika Anda tidak memenuhi harapan layanan klien Anda, mereka tidak akan pernah senang dengan apa yang Anda tawarkan kepada mereka. Tidak mendengarkan pelanggan Anda dan mengabaikan kebutuhan mereka tidak hanya akan mengganggu mereka, tetapi juga akan membuat mereka meninggalkan perusahaan Anda. Jika layanan pelanggan Anda buruk, Anda akan memiliki tingkat retensi pelanggan yang buruk dan Anda tidak akan pernah memenuhi tujuan bisnis Anda.

Ulasan Buruk Online

Jika Anda tidak menanggapi keluhan pelanggan Anda dengan serius dan Anda tidak menyelesaikan masalah tersebut dengan segera dan tulus, Anda akan kehilangan pelanggan dan ini akan berdampak pada reputasi perusahaan Anda. Sebagian besar pelanggan akan mengungkapkan kebenaran tentang layanan pelanggan Anda yang buruk di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Komentar negatif dan ulasan buruk menyebar dengan cepat di media sosial dan ini akan memengaruhi reputasi dan tujuan bisnis Anda.

Pelanggan Baru Menjauh

Pelanggan baru mencari perusahaan berdasarkan rekomendasi dari orang yang mereka kenal, dan mereka akan menghindari perusahaan ketika mereka mendengar laporan langsung tentang layanan pelanggan yang buruk. Orang-orang memberikan bobot lebih pada laporan negatif daripada laporan positif dan mereka lebih percaya pengalaman langsung dari teman dan keluarga mereka daripada yang mereka percayai sumber impersonal seperti iklan.

Jadi, jika layanan pelanggan Anda buruk, calon klien mungkin menemukan bisnis Anda, tetapi mereka akan memilih apa yang ditawarkan pesaing Anda.

Cuti Karyawan

Karyawan tahu ketika ada sesuatu yang tidak beres di perusahaan tempat mereka bekerja. Jika mereka sering melihat layanan pelanggan yang buruk, mereka akan mulai mencari peluang dengan perusahaan lain. Ini karena berurusan dengan pelanggan yang tidak puas membuat pekerjaan mereka sulit dan membuat lingkungan kerja menjadi beracun.

Manajemen yang tidak memperlakukan pelanggannya dengan baik mungkin juga tidak peduli dengan kesejahteraan karyawannya. Pergantian staf yang tinggi mencoreng nama perusahaan. Ini menciptakan lebih banyak biaya karena meningkatnya kebutuhan untuk merekrut, mempekerjakan dan melatih karyawan baru.